PENGARUH PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DENGAN VARIABEL MODERATOR PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK (Study Empiris Di DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

PRADANA, ARDI EFRIANDRA (2011) PENGARUH PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DENGAN VARIABEL MODERATOR PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK (Study Empiris Di DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah dengan variabel moderator partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik. pengertian pengawasan keuangan daerah adalah tindakan yang dilakukan untuk menjamin agar penerimaan daerah dan pengeluaran daerah tidak menyimpang dari rencana yang telah digariskan dalam anggaran. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota dewan parwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diperoleh menggunakn tehnik sampling jenuh. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 55. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner yang dilakukan oleh anggota dewan. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan multiple regression untuk masing-masing sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengetahuan dewan tentang anggaran, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah yang dilakukan dewan hal ini ditunjukan dengan nilai sig. masing-masing sebesar 0,012. Kedua pengetahuan dewan tentang anggaran dengan partisipasi masyarakat tidak berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,102. Ketiga pengetahuan dewan tentang anggaran dengan transparansi kebijakan public tidak berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,805.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dewan tentang anggaran, pengawasan keuangan daerah, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan public.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 07:08
Last Modified: 08 Sep 2011 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item