ANALISIS PENGARUH EARNINGS, OPERATING CASH FLOWS DAN BOOK VALUE EQUITY TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

HARYATI, LINA DWI (2011) ANALISIS PENGARUH EARNINGS, OPERATING CASH FLOWS DAN BOOK VALUE EQUITY TERHADAP ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (946kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (714kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Publikasi laporan keuangan oleh perusahaan merupakan informasi penting bagi investor untuk memprediksi posisi keuangan, kinerja dan laporan arus kas suatu entitas. Laporan keuangan yang mengandung informasi relevan akan memberikan reaksi terhadap pasar. Reaksi pasar diukur dengan menggunakan return sebagai nilai perubahan harga dengan menghitung abnormal return. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bukti empiris adanya pengaruh antara earnings, operating cash flows dan book value equity terhadap abnormal return saham perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel dipilih dengan cara purposive sampling sesuai kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 96 perusahaan. Dari hasil pengumpulan sampel tersebut dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis berupa analisis regresi linear berganda. Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk mengukur intensitas pengaruh antara variabel-variabel independen yaitu earnings, operating cash flows dan book value equity terhadap abnormal return sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel earnings, operating cash flows dan book value equity berpengaruh secara signifikan terhadap abnormal return. Namun secara parsial hanya variabel earnings dan book value equity yang berpengaruh terhadap abnormal return. Sedangkan variabel operating cash flows tidak berpengaruh terhadap abnormal return. Dengan demikian hanya variabel earnings dan book value equity yang dapat digunakan untuk memprediksi abnormal return. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor dan pihak lain yang membutuhkan. Para investor dalam menanamkan modalnya dapat menggunakan variabel earnings dan book value equity untuk memprediksi abnormal return. Namun selain earnings dan book value equity, para investor juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Earnings, Operating Cash Flows, Book Value Equity dan Abnormal Return.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 06:59
Last Modified: 08 Sep 2011 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14294

Actions (login required)

View Item View Item