PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENYUSUNAN APBD (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah)

NUR, MOCHAMAD (2011) PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENYUSUNAN APBD (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi masyarakat dan pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap penyusunan APBD. Jargon good governance memiliki salah satu simbol yaitu demokrasi dalam pemerintahan. Wujud utama dari demokrasi tersebut adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Dengan demikian untuk membentuk pemerintahan yang sehat, maka keterlibatan masyarakat dalam sistem pengelolaan adalah hal yang paling utama. Sebagai parameter partisipasi tersebut adalah keikut sertaan masyarakat dalam menyusun APBD guna merencanakan, melaksanakan serta mengawasi anggaran demi terwujudnya anggaran yang efektif, efisien dan ekonomis. Metode penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif, dengan menggunakan analisis data yang dilengkapi dengan uji kebaikan model dan uji asumsi klasik. Kabupaten Sukoharjo adalah tempat dimana dilakukan penelitian empiris tersebut, dengan responden adalah anggota DPRD Kab. Sukoharjo. Dari pengumpulan data/kuesioner diperoleh sample 35 data dari keseluruhan populasi yang berjumlah 45 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat memiliki pengaruh signifikan terhadap proses penyusunan APBD diperoleh hasil uji t sig sebesar 0.005. Sedangkan pengetahuan dewan tentang anggaran tidak mempengaruhi penyusunan APBD secara signifikan, uji t sig menyebutkan sebesar 0.902. Untuk pengujian goodness of fit /uji kelayakan model diperoleh nilai R2 sebesar 29.7% dan uji simultan f menunjukkan nilai sebesar 0.004.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat, pengetahuan dewan, penyusunan APBD
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Sep 2011 07:22
Last Modified: 07 Sep 2011 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item