SULISTYANINGTYAS, NURUL FADHILAH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X-1 Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (123kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03_BAB_I-rev.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II-rev.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III-rev.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV-rev.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V-rev.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep meliputi: a) dapat mengkonstruksikan soal ke dalam bentuk matematika sebelum tindakan 40%, dan setelah tindakan 73,7%. b) mampu menggunakan rumus secara tepat sebelum tindakan 42,5%, dan setelah tindakan 71,1%, c) ketepatan pada proses perhitungan dalam menyelesaikan soal metematika sebelum tindakan 30%, dan setelah tindakan 89,5%, d) dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 63 sebelum tindakan 55% dan setelah tindakan 86,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, prestasi belajar, Peer Lessons, alat peraga. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 27 Aug 2011 03:05 |
Last Modified: | 27 Aug 2011 03:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14277 |
Actions (login required)
View Item |