PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Auditor di KAP Wilayah Surakarta dan Yogyakarta)

HARIATI, HENI (2011) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Auditor di KAP Wilayah Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Profesionalisme menjadi syarat utama bagi orang yang bekerja sebagai auditor eksternal. Gambaran seseorang auditor yang profesional dalam profesi dicerminkan ke dalam lima hal, yaitu: pengabdian terhadap profesi, kewajiban sosial, kemandiran, keyakinan terhadap profesi, dan hubungan dengan sesama rekan seprofesi. Auditor eksternal yang memiliki pandangan profesionalisme yang tinggi akan memberikan konstribusi yang dapat dipercaya oleh para pengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas untuk tujuan audit laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Akuntan atau lulusan jurusan akuntansi yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan tipe non probability sampling yaitu dengan metode Purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan, entah karena mereka adalah satu-satunya yang memilikinya atau memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan oleh peneliti, antara lain: 1). Auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik minimal 2 tahun, 2). Auditor yang berpendidikan minimal S1. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu menggunakan daftar pertanyaan kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian instrument yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji koefisien determinasi (R2), uji signifikan parsial (uji-t), dan uji signifikan simultan (uji-F). Pengujian yang dilakukan tersebut menggunakan bantuan paket program SPSS for Windows versi 17.0 Berdasarkan perhitungan dan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel pengabdian terhadap profesi diperoleh hasil 0,000 < 0,05 sehingga variabel ini berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, variabel kewajiban sosial diperoleh hasil 0,458 > 0,05 ini berarti tidak berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, kemudian variabel kemandirian diperoleh hasil 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel ini berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, Untuk variabel keyakinan terhadap profesi diperoleh hasil 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel ini berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas, dan untuk variabel hubungan dengan sesama rekan seprofesi diperoleh hasil 0,001 < 0,05 hal ini juga berarti bahwa variabel ini berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan tingkat materialitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Tingkat Materialitas.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Aug 2011 08:41
Last Modified: 25 Aug 2011 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item