PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN BERBASIS ANGGARAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Rumah Sakit di Kota Surakarta)

ARIASTUTI, PUTRI (2011) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN BERBASIS ANGGARAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Rumah Sakit di Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II )
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Anggaran merupakan alat perencanaan dan pengendalian dalam pencapaian tujuan organisasi. Perencanaan anggaran akan lebih realistis jika penyusunannya melibatkan unsur bawahan. Partisipasi dalam penyusunan anggaran ini akan meningkatkan motivasi bawahan untuk pencapaian sasaran anggaran. Hal ini karena pencapaian sasaran anggaran merupakan bagian dari penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran berbasis anggaran kinerja terhadap kinerja manajerial dengan motivasi sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah sakit yang ada di Surakarta. Sedangkan sampelnya adalah seluruh manajer tingkat menengah (kepala bagian atau kepala devisi) yang terlibat dalam penyusunan anggaran yang ada pada rumah sakit Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 orang dan diambil dengan teknik purposive sampling. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Terbukti dari hasil uji t regresi ganda memperoleh nilai thitung = 2,794 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); 2) Interaksi partisipasi penganggaran dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis regresi ganda memperoleh nilai thitung untuk interaksi partisipasi dan motivasi sebesar 2,545 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hasil pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 0,427 yang berarti 42,7% variasi dari kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh partisipasi penganggaran, motivasi dan interaksinya. Pencapaian sasaran anggaran sebagai ukuran kinerja akan mudah dicapai jika anggaran disusun berdasarkan usulan manajer tingkat bawah. Partisipasi manajer tingkat bawah ini akan lebih meningkat jika manajer memiliki motivasi yang tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, motivasi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 25 Aug 2011 05:41
Last Modified: 30 Nov 2011 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item