SRIHARJONO, NUR AINI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 3 BULU Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (192kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan lightening the learning climate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bulu yang berjumlah 29 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan komunikasi matematika meliputi: 1) merepresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 17,86 %, putaran I 25,00 %, putaran II 44,44 %, dan di akhir tindakan 61,59 %, 2) merekontruksi matematika sebelum tindakan 21,43 %, putaran I 35,71 %, putaran II 55,56 %, dan di akhir tindakan 80,78 %, 3) kerjasama sebelum tindakan 25,00 %, putaran I 46,43 %, putaran II 77,78 %, dan di akhir tindakan 88,46 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekatan lightening the learning climate dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-32 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi matematika, lightening the learning climate. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 25 Aug 2011 03:25 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14262 |
Actions (login required)
View Item |