PENGARUH GENDER, TEKANAN KETAATAN DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta)

FITRIANINGSIH, ATMY (2011) PENGARUH GENDER, TEKANAN KETAATAN DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (923kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Audit judgment merupakan suatu pertimbangan yang mempengaruhi dokumentasi bukti dan keputusan pendapat yang dibuat oleh auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh gender, tekanan ketaatan dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment pada auditor di Kantor Akuntan Publik surakarta dan Yogyakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability purposive sampling dengan Judgment sampling Analisis data menggunakan metode regresi linier. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan cara disampaikan langsung ke Kantor Akuntan Publik yang ada di Surakarta dan Yogyakarta. Kuesioner tersebut berisi pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, dan audit judgment. Hasil penelitian Pengaruh gender terhadap audit judgment dengan menggunakan program SPSS diperoleh thitung sebesar 1,370 dengan p-value 0,183. Karena nilai p-value 0,183 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa gender tidak berpengaruh terhadap audit judgment. Pengaruh tekanan ketaatan terhadap audit judgment dengan menggunakan program SPSS diperoleh thitung sebesar 2,053 dengan nilai p-value 0,051 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan ketaatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap audit judgment. Pengaruh kompleksitas tugas terhadap audit judgent dengan menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh thitung sebesar 2,977 dengan nilai p-value 0,006 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa H3 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kompleksitas tugas berpengaruh secara signifikan terhadap audit judgment.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Audit Judgment.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 24 Aug 2011 08:32
Last Modified: 24 Aug 2011 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item