PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Rumah Sakit di Wilayah Sukoharjo)

INTANSARI, LIANA (2011) PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Rumah Sakit di Wilayah Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._Halaman_Depan.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggaran tidak hanya sebagai alat perencanaan keuangan dan pengendalian, tetapi juga sebagai koordinasi, komunikasi, evaluasi kerja dan motivasi serta sebagai alat untuk mendelegasikan wewenang atasan kepada bawahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi penganggaran terhadap senjangan anggaran dengan komitmen organisasi dan ketidakpastian lingkungan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah dan tingkat bawah pada 3 Rumah Sakit di wilayah Sukoharjo yaitu RSO. Dr. Soeharso, RSUD Sukoharjo, dan RS. Nirmala Suri Sukoharjo yang diambil dengan metode teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 responden. Data yang diperoleh melalui uji normalitas, validitas, reliabilitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dan hasilnya menunjukkan data berdistribusi normal, semua variabel dalam penelitian ini mampu mengungkapkan apa yang akan diukur atau valid dan reliabel atau layak digunakan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel partisipasi penganggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Sedangkan komitmen organisasi tidak memoderasi pengaruh partisipasi penganggaran dengan senjangan anggaran, hal ini dapat ditunjukkan nilai p sebesar 0,588 lebih besar daripada taraf signikansi 5% (p>0,05). Begitupula pada variabel ketidakpastian lingkungan tidak memoderasi pengaruh partisipasi penganggaran dengan senjangan anggaran, hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,151 lebih besar daripada taraf signifikansi 5% (p>0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penganggaran, senjangan anggaran, komitmen organisasi,
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 24 Aug 2011 07:14
Last Modified: 24 Aug 2011 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item