PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, INFORMATION ASYMETRY DAN BUDGET EMPHASIS TERHADAP SLACK ANGGARAN (Studi pada PT DAN LIRIS SUKOHARJO)

ASTUTI, DWI WIDI (2011) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, INFORMATION ASYMETRY DAN BUDGET EMPHASIS TERHADAP SLACK ANGGARAN (Studi pada PT DAN LIRIS SUKOHARJO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
pengaruh_partisipasi_anggaran__2_.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
BAB_satu.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggaran yang disusun secara partisipatif cenderung akan lebih realistis dan tidak terjadi slack (senjangan anggaran). Partisipasi manajer tingkat bawah dalam penyusunan anggaran akan menghasilkan pengungkapan informasi lebih sesuai, sehingga mengurangi asimetri informasi yang terjadi dengan atasan. Artinya anggaran akan lebih mudah terealisasi dan mengurangi senjangan anggaran. Partisipasi akan lebih meningkat jika partisipasi dijadikan tolak ukur penilaian kinerja secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, information asimetry, dan budget emphasis mempengaruhi slack anggaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bidang keuangan, administrasi, perencanaan anggaran, supervisor, dan kepala regu di PT DANLIRIS Sukoharjo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas (korelasi product moment) dan uji reliabilitas (Cronbach’s Alpha) dan data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinan, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut : 1) Partisipasi anggaran berpengaruh negatif terhadap slack anggaran di PT DANLIRIS Sukoharjo. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar -4,769 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya semakin tinggi partisipasi anggaran, maka slack anggaran akan semakin berkurang; 2) Informasi asimetri berpengaruh positif terhadap slack anggaran di PT DANLIRIS Sukoharjo. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar 2,421 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya semakin tinggi informasi asimetri, maka slack anggaran akan semakin meningkat; 3) Budget emphasis berpengaruh negatif terhadap slack anggaran di PT DANLIRIS Sukoharjo. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung sebesar -2,207 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H3 diterima. Artinya adanya budget emphasis maka akan mengurangi terjadinya slack dalam anggaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-28
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, information asimetry, dan budget emphasis mempengaruhi slack anggaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2011 05:19
Last Modified: 01 Nov 2011 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item