PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN BELANJA PEMBANGUNAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KABUPATEN ATAU KOTA DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA

WIBOWO, DEDY KUSUMA (2011) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN BELANJA PEMBANGUNAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KABUPATEN ATAU KOTA DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_new.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Daerah yang pertumbuhan ekonominya positif mempunyai kemungkinan mendapatkan kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemda dapat berkonsentrasi pada pemberdayaan kekuatan ekonomi lokal dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan PAD. Pembangunan berbagai infrastruktur industri melalui belanja pembangunan akan berdampak yang nyata terhadap kenaikan PAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi dan belanja pembangunan terhadap pendapatan asli daerah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris dengan menggunakan data empiris berupa keuangan daerah yang disertai dengan pengujian hipotesis. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data keuangan APBD Kabupaten atau Kota di eks-karesidenan Surakarta tahun anggaran 2005–2009. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda melalui uji t. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah pada Kabupaten atau Kota di Eks Karesidenan Surakarta tahun anggaran 2005-2009. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,052 diterima taraf signifikansi 5% (p<0,05); 2) Belanja Pembangunan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah daerah pada Kabupaten atau Kota di Eks Karesidenan Surakarta tahun anggaran 2005-2009. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,192 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, belanja pembangunan, pendapatan asli daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:17
Last Modified: 23 Aug 2011 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item