ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris di BEI periode 2006-2008)

WARDHANI, RISKA KARTIKA (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris di BEI periode 2006-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Pasar modal merupakan sebagai sarana untuk memobilisasi dana yang bersumber dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana ke berbagai sektor yang membutuhkan dana untuk kelansungan operasi perusahaan. Tujuan utama investor menanamkan dananya dipasar modal adalah untuk menerima deviden dan capital gain. Keduanya haruslah lebih besar atau paling tidak sama dengan return yang dikehendaki stock holder. Hal seperti inilah yang memotifasi investor untuk menanamkan dananya di pasar modal. Sedangkan bagi para penerbit melalui pasar modal mereka dapat mengumpulkan dana jangka panjang untuk menunjang kelangsungan usaha mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pertama : Apakah faktor fundamental seperti EPS, PER, ROE, DER, dan suku bunga deposito secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham, kedua: Variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap harga saham, Sehubungan dengan masalah tersebut, Tujuan dari penelitian ini pertama: Untuk mengetahui apakah Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan suku bunga deposito secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham, kedua: Untuk mengetahui faktor atau variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan dipublikasikan pada Indonesia Capital Market Directory (ICMD) tahun 2006-2008. Pemilihan sampel diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 perusahaan. Dalam penelitian ini data disusun secara panel (data gabungan antara data cross section dan time series) berarti jumlah data observasi sebanyak 150 data (75 x 2). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien regresi berganda. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan. Berdasarkan hasil uji F diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel EPS, PER, ROE, DER, dan suku bunga terhadap harga saham manufaktur. Berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan hanya variabel ROE, DER, sedangkan variabel EPS, PER, dan Suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham manufaktur. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,815. Hal ini berarti 81,5% variasi perubahan harga saham manufaktur dijelaskan oleh variasi EPS, PER, ROE, DER dan Suku bunga. Sementara sisanya sebesar 18,5% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Fundamental, Harga Saham Perusahaan Manufaktur.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2011 06:06
Last Modified: 20 Aug 2011 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item