Rochman, Yunus Nur (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Penulisan Kembali Teks Drama Pada Siswa Kelas VII D SMP Amal Mulya, Tawangmangu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (372kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan narasi dan memotivasi siswa untuk selalu menulis, tentunya dengan berbagai inspirasi yang dilakukan oleh guru. Selain itu, bagi guru akan mempermudah mencari inovasi untuk melakukan pembelajaran lainnya dan bagi siswa akan membantu memecahkan kesulitan dalam menulis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penggunaan metode wawancara terhadap teman sebaya membuat siswa lebih mudah berkreasi dengan pertanyan yang akan diajukan sekaligus dapat mengubah kalimat langsung dalam bentuk karangan. Hasil penelitian kemampuan menulis narasi siswa melalui kegiatan menulis kembali teks drama pada siswa kelas VII D SMP Amal Mulya, Tawangmangu dari siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan. Hal itu terbukti dari rata-rata kelas yang didapat dari siklus pertama 62 naik menjadi 76 pada siklus kedua, dari nilai ketuntasan minimal 70. Dapat disimpulakan bahwa kemampuan siswa dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dapat meningkat dengan adanya penelitian ini. Memotivasi siswa dalam menarasikan teks drama yang sudah dibaca pada siswa kelas VII D SMP Amal Mulya, Tawangmangu. Pada pelaksanaan pembelajaran menulis karangan, guru senantiasa memberikan motivasi seperti pujian dalam berbagai bentuk, mengatakan baik, diteruskan, bagus, dan bertepuk tangan apabila ada siswa yang berani tampil di depan kelas. Hal ini dikarenakan siswa SMP yang masih peka terhadap pujian, maka guru mengurangi perkataan jelek sekali, apaan ini, serta kata-kata lain yang merendahkan siswa agar siswa tersebut lebih semangat dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karangan narasi, menulis kembali, dan teks drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 09:30 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 09:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14138 |
Actions (login required)
View Item |