PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD N KARANGWUNI 1 WERU SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Aribowo, Fajar (2011) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD N KARANGWUNI 1 WERU SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui penerapan strategi The Power Of Two pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuni 01 Weru Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan strategi the power of two yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus. (2) rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I= 68,68, siklus II= 73,68, siklus III= 81,57. (3) rata-rata nilai dari aspek afektif siklus I= 9,82 (kategori tidak berminat), siklus II= 14,89 (kategori cukup berminat), siklus III= 16,52 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan melalui penerapan strategi the power of two pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwuni 01 Weru Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi the power of two.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:12
Last Modified: 15 Aug 2011 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item