Isnaini, Efi (2008) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CEPER KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A420030109.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Questions Students Have dengan strategi Everyone is a Teacher Here tehadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri I Ceper Klaten Tahun Ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP Negeri I Ceper Klaten yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII B dan kelas VIII F dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 siswa, cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi menggunakan nilai raport semester I dan nilai post tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan pembelajaran strategi Questions Students Have dengan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas VIII SMP N I Ceper Klaten dengan nilai rata-rata pada pembelajaran strategi Questions Students Have sebesar 61,975 dan SD sebesar 8,954 dan nilai rata-rata pada pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here sebesar 76,811 dan SD sebesar 11,276, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran strategi Questions Students Have dengan strategi Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas VIII SMP N I Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2006/2007.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420-029 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran strategi Questions Students Have, pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here dan hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jul 2008 06:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 13:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/140 |
Actions (login required)
View Item |