PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI STRATEGI TEBAK KATA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PERENG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Hastuti, Tri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI STRATEGI TEBAK KATA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PERENG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data di ukur dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 62 adalah 60,61%, pada siklus I nilai hasil belajar meningkat menjadi 81,82%, pengelolaan proses pembelajaran guru adalah 7 (cukup) dan keaktifan siswa 6,57 (cukup). Pada siklus II nilai hasil belajar mencapai indikator pencapaian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, nilai hasil belajar mencapai 96,97%, pengelolaan proses pembelajaran guru menjadi 8,5 (baik) dan keaktifan siswa menjadi 8,28 (baik). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi tebak kata, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:38
Last Modified: 10 Aug 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item