NOVIASIH, EKO (2011) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS RME DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINGOPURAN 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (188kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional khususnya pada pokok bahasan bangun datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Singopuran 01 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen, kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan t-test. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung(α=0,05) = 2,074 dan ttabel = 1,999. Karena thitung > ttabel, berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan RME lebih memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional, khususnya pada pokok bahasan bangun datar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-29 |
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education (RME), Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 08:55 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13951 |
Actions (login required)
View Item |