STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS RME DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINGOPURAN 01 TAHUN AJARAN 2010/2011

NOVIASIH, EKO (2011) STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS RME DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINGOPURAN 01 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional khususnya pada pokok bahasan bangun datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Singopuran 01 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen, kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan t-test. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung(α=0,05) = 2,074 dan ttabel = 1,999. Karena thitung > ttabel, berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan pendekatan konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan RME lebih memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional, khususnya pada pokok bahasan bangun datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-29
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Aug 2011 08:55
Last Modified: 31 Oct 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item