Nugroho, Fandi (2011) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( PTK Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sawahan Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bba III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendiskripsikan penerapan metode kooperatif tipe STAD yang menggunakan alat peraga matematika untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas IV SDN 1 Sawahan Juwiring Klaten yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari a. keaktifan siswa dalam: 1) memperhatikan penjelasan guru setiap putaran meningkat dari sebelum putaran (23,68%), putaran I (28,94%), putaran II (52,63%) dan putaran III meningkat menjadi (73,68 %), 2) berani mengemukakan pendapat setiap putaran meningkat dari sebelum putaran (7,89%), putaran I (21,05%), putaran II (39,47 %) dan putaran III meningkat menjadi (52,63%), 3) berani bertanya setiap putaran meningkat dari sebelum putaran (10,52%), putaran I (23,68%), putaran II (31,57 %) dan putaran III meningkat menjadi (57,89 %), 4) mau melatih diri memecahkan masalah setiap putaran meningkat dari sebelum putaran (31,57%), putaran I (50%), putaran II (65,78%) dan putaran III meningkat menjadi (78,94%), b. prestasi belajar siswa dalam setiap putaran meningkat, sebelum putaran (31,57 %), putaran I (36,84 %), putaran II (65,78 %), dan putaran III meningkat menjadi (92,10 %). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode STAD menggunakan alat peraga matematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, prestosi belajar, Cooperative Learning, STAD |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 08:41 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 08:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13946 |
Actions (login required)
View Item |