Winarsih, Winarsih (2011) PENINGKATAN R RESPON SISWA D DALAM PE EMBELA AJARAN TEMATIK MELA KA ALUI MEETODE MO MONTESSO ORI MAT ( PTK di Kelas VIII SMP Neg 4 Moj K I geri josongo ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_daftar_pustaka.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Full Text)
10_TOTAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 4 Mojosongo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 21,9% menjadi 46,9% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang menyampaikan ide atau gagasan sebelum tindakan 34,4% menjadi 37,5% pada akhir tindakan; 3) Siswa berani aktif didepan kelas sebelum tindakan 28,1% menjadi 40,7% pada akhir tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Montessori dapat meningkatkan respon belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon belajar, Montessori |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 02:59 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 02:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13931 |
Actions (login required)
View Item |