HIDAYAT, SYAH AGUNG PRAYOGA (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER DENGAN MEDIA POWERPOINT (PTK Terhadap Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat (persegi panjang dan persegi) melalui metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mencatat sebelum tindakan sebanyak 19 siswa (55,8%), di akhir tindakan menjadi 29 siswa (85,3%), 2) siswa yang mempresentasikan hasil pekerjaannya (diskusinya) sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (17,6%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (66,7%), dan 3) siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (47,1%), di akhir tindakan naik menjadi 31 siswa (91,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dengan media powerpoint dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Giving_Questions_and_Getting_Answer, keaktifan_belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 10:06 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 10:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13922 |
Actions (login required)
View Item |