NOVIOLITA I. P, EVI (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedung). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (56kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script dengan mengoptimalkan media Work Sheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kedung yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada materi Segi Empat (persegi panjang dan persegi) melalui model pembelajaran Cooperative Script dengan mengoptimalkan media Work sheet. Hal ini dapat dilihat dari : 1) banyaknya siswa yang mencatat pada proses pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 20 siswa (55,5%), di akhir tindakan menjadi 33 siswa (91,6%), 2) siswa yang mengerjakan tugas dari guru sebanyak 16 siswa (44,4%), di akhir tindakan naik menjadi 31 siswa (86,1%), 3) siswa yang mempresentasikan hasil diskusinya sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (22,2%), di akhir tindakan naik menjadi 24 siswa (66,7%), dan 4) siswa yang membantu siswa lain yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (16,7%), di akhir tindakan naik menjadi 19 siswa (52,7%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dengan mengoptimalkan media Work sheet dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative_Script, Work_Sheet, keaktifan_belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 09:33 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 09:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13914 |
Actions (login required)
View Item |