KOHESIVITAS DAN KOHERENITAS PARAGRAF PADA KARANGAN DESKRIPTIF SISWA KELAS XI SMK YP COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010/2011

ASTUTI, ANI WAHYU (2011) KOHESIVITAS DAN KOHERENITAS PARAGRAF PADA KARANGAN DESKRIPTIF SISWA KELAS XI SMK YP COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesivitas dan koherenitas pada karangan deskripsi siswa kelas XI SMK YP Colomadu Karanganyar Tahun 2010/2011. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa penanda kohesi yang terdapat pada paragraf dalam karangan deskriptif siswa kelas XI TKR-C SMK YP Colomadu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode tes dan metode pustaka. Selanjutnya, untuk menganalisis menggunakan metode padan. Metode padan adalah metode yang alat penentunya di luar, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa (langue) yang bersangkutan. Teknik dasar yang digunakan sebagai kelanjutan metode padan adalah teknik dasar: teknik pilah unsur penentu berupa daya pilah referensial. Daya pilah dapat dipandang sebagai alat, sedangkan alat yang bersangkutan dapat dipandang sebagai tekniknya; yang dalam hal ini, lalu disebut teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kohesi dan koherensi karangan deskriptif siswa masih rendah. Karangan yang sesuai dengan ketentuan berjumlah enam karangan, sedangkan yang tidak sesuai dengan ketentuan berjumlah tujuh karangan. Persamaan antara penelitian ini dengan penelitian sebelumya adalah sama-sama menganalisis wacana, sedangkan perbedaannya terletak pada objek yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata, Kalimat, Paragraf, Wacana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 08 Aug 2011 08:35
Last Modified: 08 Aug 2011 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item