Muliawati, Aulia Ulil (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (227kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pokok bahasan segiempat dalam pembelajaran matematika melalui metode Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pacitan yang berjumlah 30 siswa, subyek pelaku tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 2 Pacitan, subyek pembantu adalah peneliti dan staf mengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan metode alur yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan 4 siswa (13,33%) setelah tindakan 8 siswa(26,67%) 2) Mampu menanggapi jawaban siswa lain sebelum tindakan 5 siswa (16,67%) setelah tindakan 10 siswa (33,33%) 3) Mampu membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh sebelum tindakan tidak ada (0%) setelah tindakan 9 siswa (30%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman_ konsep, Talking _Stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 06:35 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 06:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13906 |
Actions (login required)
View Item |