PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN ALAT PERAGA KELERENG BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

RIYAWAN, ANGKY MEGI (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN ALAT PERAGA KELERENG BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._COVER.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum learning dengan alat peraga kelereng berwarna pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 02 Tuban tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah; 1) antusiasme siswa meningkat meliputi aspek: a) kesiapan siswa untuk pembelajaran sebelum tindakan 42,8 % dan setelah tindakan 85,7 %, b) keinginan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 28,5 % dan setelah tindakan 71,5 %, c) keinginan bertanya siswa sebelum tindakan 14,3 % dan setelah tindakan 77,2 %, 2) ditemukan juga hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 meningkat sebelum tindakan 34,3 % dan setelah tindakan 65,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum learning dengan alat peraga kelereng berwarna dapat meningkatkan antusiasme dan juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: antusiasma, hasil-belajar, quantum learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 05:41
Last Modified: 08 Aug 2011 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item