PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN KEMBALI BERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

WIDONINGSIH, SRI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN KEMBALI BERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF
03_BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran mengemukakan kembali berita dengan media audio visual pada peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dan (2) mendeskripsikan peningkatkan kualitas hasil pembelajaran mengemukakan kembali berita dengan media audio visual pada peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan subjek penelitian, yaitu peserta didik kelas VIII B. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri atas peserta didik serta guru dan data sekunder berupa informasi tentang kemampuan mengemukakan kembali berita, minat dan motivasi, serta keaktifan peserta didik dalam mengemukakan kembali berita. Sumber data meliputi informan, tempat dan peristiwa, dokumen atau arsip, dan hasil tes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual mampu meningkatkan kualitas proses dalam pembelajaran mengemukakan kembali berita. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya minat dan motivasi peserta didik mulai dari siklus I sebesar 80,56%, dan siklus II sebesar 91,67%. Di samping itu, keaktifan peserta didik juga meningkat mulai dari siklus I sebesar 19,44%, dan siklus II sebesar 50%. Penelitian dengan media audio visual ini juga dapat meningkatkan kualitas hasil dalam pembelajaran mengemukakan kembali berita. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas mulai dari kegiatan prasiklus sebesar 50,14, siklus I sebesar 56,47, dan siklus II sebesar 61,23. Dengan demikian media audio visual terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil dalam pembelajaran mengemukakan kembali berita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mengemukakan kembali berita, media audio visual, penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Aug 2011 05:32
Last Modified: 06 Aug 2011 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item