SARI, AGITA PRAMITA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Cover-Abstak_AGITA.pdf Download (157kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I_AGITA.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_AGITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III_AGITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_AGITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V_AGITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_pustaka_AGITA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran-lampiran_AGITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery and Inquiry dan Scramble terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Scramble, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 5,045 > 4,020 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih besar dari model Scramble, yaitu 66,53 > 59,87. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 9,730 > 3,168. (3) Tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran Discovery and Inquiry dan model pembelajaran Scramble ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,523 < 3,168.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Discovery and Inquiry, model pembelajaran Scramble, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 06:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13817 |
Actions (login required)
View Item |