NURJANNAH, WIDYA EKA (2011) REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA RUANG DIMENSI TIGA (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X.4 Semester Genap MAN Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_dan_LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (557kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampirn.KOMPLIT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) meningkatkan minat belajar siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 MAN Purwodadi yang berjumlah 43 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian: 1) adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator minat belajar siswa yaitu siswa antusias: (a) menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 23,26%, putaran I 27,90%, putaran II 41,86%, dan putaran III 60,46%, (b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25,58%, putaran I 37,20%, putaran II 53,40%, dan putaran III 72,09%, (c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 16,27%, putaran I 23,26%, putaran II 41,86%, dan putaran III 62,79%, (2) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari indikatornya yaitu siswa mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan 48,83%, putaran I 58,13%, putaran II 72,09%, dan putaran III 81,39%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | realistic, minat, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 05:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 05:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13806 |
Actions (login required)
View Item |