ANGGRAENI, VIANA TETI (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE BELAJAR TUNTAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PENGKOK I KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (81kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5% dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil thitung = 1,571 < ttabel = 1,683 maka Ho tidak ditolak (diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum eksperimen dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Lilliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipoteis dengan rumus t_tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 6,289 > ttabel = 1,684 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Dari nilai ratarata post test kelompok eksperimen 89,52 dan Sd= 9,61 dan nilai post test kelompok kontrol diperoleh rata-ratanya 73,57 dan Sd= 6,55, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan Metode Contekstual Teaching Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan metode Belajar Tuntas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode Contekstual Teaching Learning (CTL), metode Belajar Tuntas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 08:44 |
Last Modified: | 02 Aug 2011 08:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13762 |
Actions (login required)
View Item |