SUSANTI, WINDA ARI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TAMBAKBOYO I TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan pada siswa kelas II SD Negeri Tambakboyo 1. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tambakboyo 1 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematiaka pada pokok bahasan perkalian dan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 60,71 % di akhir putaran mencapai 96,43 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 67,86 %, di akhir putaran mencapai 92,86 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 64,29 %, pada di akhir putaran mencapai 96,43 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 46,43 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi mencari pasangan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif, strategi mencari pasangan, motivasi. hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 10:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13742 |
Actions (login required)
View Item |