INGGIT SAPUTRI , PRADITYA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
2)_Halaman_Depan.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF (bab I)
3)_Bab_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (bab II)
4)_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
||
PDF (bab III)
5)_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (bab IV)
6)_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (bab V)
7)_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
8)_Daftar_Pustaka.pdf Download (32kB) |
|
PDF (lampiran)
9)_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
Abstract
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSON (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X Semester II SMA Batik 1 Surakarta) Praditya Inggit Saputri, A410070158, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman Tujuan penelitian mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep trigonometri menggunakan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep trigonometri siswa menggunakan strategi Peer Lesson. Hal ini dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengkontruksikan permasalahan kehidupan sehari-hari dalam perbandingan trigonometri sebelum tindakan 20%, putaran I 80%, putaran II 84,37% dan di akhir tindakan 96,87%, b) menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 6,67%, putaran I 46,66%, putaran II 56,2% dan di akhir tindakan 93,75%, c) menyelesaikan perhitungan soal sebelum tindakan 3,33%, putaran I 50%, putaran II 65,62% dan di akhir tindakan 84,37%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep,Trigonometri, Peer Lesson |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 10:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 10:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13733 |
Actions (login required)
View Item |