ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WIJAYANTO, RUDY NURHADI (2011) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK TERBUKA KELAS V SD NEGERI I BERO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_Halaman_Depan.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Babn 1)
2_Bab_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
3_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
4_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka (open- ended). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri I Bero yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Tes disini adalah berupa soal-soal pemecahan masalah bentuk terbuka (open ended). Metode analisis data yang digunakan adalah analysis interactive yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika bentuk terbuka siswa masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut terdapat pada langkah penyelesaianya, yaitu merumuskan masalah sebesar 5,38%, merencanakan strategi sebesar 36,16%, melaksanakan strategi sebesar 64,61%, dan memeriksa jawaban sebesar 76,15%. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut adalah kurangnya penguasaan konsep materi yang ditanyakan dalam soal dan kemampuan kognitif siswa yang masih rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesulitan siswa, pemecahan masalah matematika, bentuk terbuka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 09:45
Last Modified: 28 Jul 2011 10:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item