PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 01 JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ASMOROWATI, MURNI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 01 JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiaran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD dengan menggunakan strategi TPS. Subyek penelitian ini antara lain guru kelas V SDN 01 Jatipuro sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas V SDN 01 Jatipuro sebagai subyek penerima tindakan. Obyek penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar IPS pada anak kelas V SD. Data dalam penelitian ini adalah motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran IPS. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, sebanyak tiga kali putaran siklus dan setiap tindakan terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang meliputi : 1) tekun mengerjakan tugas mengalami peningkatan dari 50% pada siklus I, menjadi 66,66% pada siklus II, dan 86,66% pada siklus III. 2) keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan dari 26,66% pada siklus I menjadi 50% pada siklus II dan 73,33% pada siklus III. 3) siswa aktif menjawab pertanyaan mengalami peningkatan dari 33,33% pada siklus I menjadi 60% pada siklus II dan 76,66% pada siklus III. 4) siswa berani mengemukakan pendapat mengalami peningkatan dari 10% pada siklus I menjadi 26.66% pada siklus II dan 50% pada siklus III. 5) antusias siswa terhadap pelajaran mengalami peningkatan dari 66,66% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, dan 90% pada siklus III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi-belajar-IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 10:39
Last Modified: 27 Jul 2011 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item