Sari, Ika Genetika (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT MELALUI SIMULASI PERMAINAN DADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP AL ISLAM KARTASURA PADA MATERI FOTOSINTESIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (123kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fotosintesis dengan penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu pada siswa SMP Al Islam kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu yang dilaksanakan dalam dua siklus dan target nilai kognitif siswa 80% di atas KKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (ranah kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (ranah afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentase hasil belajar (ranah kognitif) siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 57 sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (25%), siklus I ranah kognitif meningkat menjadi 24 siswa (60%); rata-rata ranah afektif = 15,5 (termasuk kategori cukup berminat), pada siklus II ranah kognitif meningkat menjadi 32 siswa (80%); rata-rata ranah afektif meningkat menjadi = 20,1 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai kognitif (25%<60%<80%) dan rata-rata nilai afektif (15,5<20,1) menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment melalui simulasi permainan dadu dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Al Islam Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420/2011-33 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Instant Assessment, Simulasi Permainan Dadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 05:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13652 |
Actions (login required)
View Item |