PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011)

HIDAYAH, APRILIA WAHYU (2011) PENINGKATAN KESIAPAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE (PTK Pembelajaran Siswa Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 2 Sine Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Van Hiele di SMP N 2 Sine, (2) mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam belajar bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele, dan (3) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar matematika bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMPN 2 Sine, yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian (1) ada peningkatan kesiapan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) menjawab pertanyaan awal guru sebelum tindakan 2,9% dan setelah tindakan 74%, b) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan 8,8%, dan setelah tindakan 74%, dan (2) ada peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang a) bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 88,9%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 5,8% dan setelah tindakan 70,3%, c) menyanggah jawaban teman sebelum tindakan 17,6% dan setelah tindakan 55,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan kesiapan dan keaktifan belajar matematika bangun ruang sisi datar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-27
Uncontrolled Keywords: kesiapan belajar, keaktifan belajar, Van Hiele.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 09:28
Last Modified: 31 Oct 2011 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item View Item