WIJAYANTI, ANITA (2011) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (48kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bba II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bba III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran yang biasa diterapkan di SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi selama ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa pasif atau kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPA dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Simo, kecamatan Kwadungan, kabupaten Ngawi dalam pembelajaran IPA melalui implementasi metode Numbered Heads Together (NHT). Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat dilihat pada saat siswa aktif dalam kegiatan visual, kegiatan verbal, kegiatan mendengarkan, kegiatan menulis, kegiatan menggambar, kegiatan motorik, kegiatan mental maupun dalam kegiatan emosional. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yang hanya mencapai 49,92 %. Pada siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 64,31 % yang cenderung mengalami peningkatan sebesar 14,39 % dari sebelum diadakannya tindakan. Pada siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa mencapai 75,49 % yang mengalami peningkatan sebesar 11,18 % dari siklus I. Pada siklus III nilai ratarata keaktifan siswa mencapai 90,13 % yang mengalami peningkatan sebesar 14,64 % dari siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Numbered Heads Together (NHT), keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 07:16 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 20:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13608 |
Actions (login required)
View Item |