KUSUMAWATI, FIDIYAH (2011) STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (279kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran Team Quiz dan ceramah terhadap Hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan Hasil belajar IPA antara siswa yang diberi pembelajaran IPA dengan metode Team Quiz dan metode ceramah, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,255 > ttabel = 2,002. (2) Hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 80,7 > 75,2.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ceramah, Metode Team Quiz, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 07:05 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 20:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13607 |
Actions (login required)
View Item |