STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011

KUSUMAWATI, FIDIYAH (2011) STUDI KOMPARASI METODE TEAM QUIZ DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KAUMAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran Team Quiz dan ceramah terhadap Hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Semester 2 SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa : (1) Ada perbedaan Hasil belajar IPA antara siswa yang diberi pembelajaran IPA dengan metode Team Quiz dan metode ceramah, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,255 > ttabel = 2,002. (2) Hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode ceramah, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 80,7 > 75,2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Metode Team Quiz, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 07:05
Last Modified: 26 Jul 2011 20:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item