PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali)

Handayani, Turi (2011) PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman_depan.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan sistem pembelajaran reflektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru dengan tepat meningkat dari 14,7% menjadi 61,76%. 2) kemampuan pemecahan masalah matematika meliputi:a) mengidentifikasi masalah meningkat dari 8,82% menjadi 88,23%. b) merumuskan masalah dalam model matematika meningkat dari 5,88% menjadi 55,88%. c) memilih pendekatan meningkat dari 5,88% menjadi 64,7%. d) menyelesaikan masalah meningkat dari 17,64% menjadi 82,35%. 3) prestasi belajar matematika meningkat dari 20,59% menjadi 91,17%. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan sistem pembelajaran reflektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis,reflektif, sistem pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:10
Last Modified: 26 Jul 2011 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item