SETIYANINGSIH, DWI AYU (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PTK siswa kelas VI di SD Negeri 4 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 Kartasura yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Adapun peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika yaitu: 1) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 37,04%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 59,26%. 2) Siswa yang mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I meningkat menjadi 33,33%, putaran II sebesar 48,15%, dan pada putaran III meningkat menjadi 62,96%. 3) Siswa yang aktif didalam kelompok tindakan sebesar 22,22%, pada putaran I meningkat menjadi 40,74%, putaran II sebesar 55,56%, dan pada putaran III meningkat menjadi 70,37%. 4) Siswa yang mampu menyimpulkan materi sebelum tindakan sebesar 3,70%, pada putaran I meningkat menjadi 18,15%, putaran II sebesar 25,92%, dan pada putaran III meningkat menjadi 40,74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Tutor Sebaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 04:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13586 |
Actions (login required)
View Item |