PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS VIIB MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

LISTIANI, LISTIANI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS VIIB MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN__DEPAN_.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peningakatan kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo serta mengetahui peningkatan kualalitas dan hasil kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi karangan narasi dengan menggunakan strategi Critical incident. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaboratif antara peneliti kepala sekolah dan guru bahasa Indonesia kelas VII B. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo yang berjumlah 29 siswa, siswa laki-laki berjumlah 19 dan siswa perempuan berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data ini adalah observasi wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif. Perbaikan tindakan mengajar yang dilakukan oleh guru yaitu melibatkan siswa secara aktif dan mandiri, membantu membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal dengan strategi Critical Incident. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes uji coba mandiri siswa dengan nilai KKM diatas 69. Adanya peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII B di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo sebelum tindakan hanya mencapai 44,8% (13 siswa), pada tindakan I meningkat menjadi 62,0% (18 siswa), dan pada tindakan II meningkat menjadi 75,9% sebanyak 22 siswa, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Critical Incident dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada materi menulis narasi dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VII B MTs Negeri Bendosari Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis narasi, Strategi Critical Incident.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 06:16
Last Modified: 21 Jul 2011 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13505

Actions (login required)

View Item View Item