INTERFERENSI MORFOLOGI DAN SINTAKSIS BAHASA JAWA SERTA BAHASA INDONESIA PADA KOLOM ‘‘SUGENG ENJING” HARIAN SUARA MERDEKA

SUSANTI, SUSANTI (2011) INTERFERENSI MORFOLOGI DAN SINTAKSIS BAHASA JAWA SERTA BAHASA INDONESIA PADA KOLOM ‘‘SUGENG ENJING” HARIAN SUARA MERDEKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2)_HAL_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
4)BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
6)BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
9)LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah bentuk interferensi morfologi dan interferensi sintaksis bahasa Jawa serta bahasa Indonesia pada kolom “Sugeng Enjing” harian Suara Merdeka ? (2) Bagaimanakah pola interferensi morfologi dan interferensi sintaksis bahasa Jawa serta bahasa Indonesia pada kolom “Sugeng Enjing” harian Suara Merdeka? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan pola interferensi morfologi dan sintaksis. Bentuk dan strategi yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kolom sugeng enjing pada harian Suara Merdeka. Objek penelitiannya adalah interferensi morfologi dan sintaksis bahasa Jawa serta bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak. Metode ini dilakukan dengan cara membaca dan memahami wacana, serta dilanjutkan dengan teknik catat yaitu dengan mencatat kata atau kalimat yang ada pada sumber data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Interferensi Morfologi Bahasa Jawa yang meliputi: Pemakaian Prefiks Nasal N- bahasa Jawa, penambahan Sufiks –an bahasa Jawa pada kata dasar, Sufiks e- bahasa Jawa untuk mengganti –nya bahasa Indonesia. Pertukaran Konfiks, reduplikasi, kata majemuk (kompositum). Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia meliputi: Pemakaian Prefiks ber, di, ter, dan ke, penambahan Sufiks –an bahasa Indonesia pada kata dasar. Interferensi Sintaksis Bahasa Jawa Meliputi: Pemakaian kata bahasa Jawa, penggunaan kata ganti orang (pronominal persona), pemakaian Frase –nya posesif bahasa Jawa dalam tuturan berbahasa Indonesia, interferensi pemakaian partikel bahasa Jawa. interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia meliputi: pemilihan kata yang tidak tepat dalam bahasa Indonesia. Pola Interferensi Morfologi Meliputi: Pola verba, pola nomina, pola ajektif. Pola Interferensi Sintaksis Meliputi: Pola S+P, Pola S+K, Pola S+O, Pola P+O, Pola K+P, Pola O+P.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interferensi morfologi dan sintaksis
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jul 2011 06:08
Last Modified: 21 Jul 2011 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item