WIDOWATI , ROSI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN IPS (Survey pada siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (bab I)
3._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENGGUNAAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN IPS (Survey pada siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011) Rosi Widowati, A 210070001, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 162 Halaman Tujuan penelitian ini yaitu untuk: meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman terutama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa kelas IX.PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebanyak 40 siswa. Sumber data yang digunakan: (1)informan, yakni guru IPS dan siswa kelas IX.PK yang mudah diajak berkomunikasi, (2)peristiwa, yaitu proses belajar mengajar, dan (3)data atau dokumen, berupa teks bacaan, hasil tes siswa, transkrip wawancara dengan siswa dan guru, dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data meliputi: (1)observasi/, (2)wawancara, dan (3)penilaian tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1)identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4)implementasi tindakan, (5)pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1)perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)observasi dan interpretasi, dan (4)analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 1-2 kali pertemuan, masing-masing pertemuan selama 2 x 40 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1)terdapat peningkatan minat membaca siswa kelas IX.PK melalui penerapan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman, yang ditandai dengan: (a)usaha siswa dalam membaca materi yang diberikan, (b)daya tahan siswa dalam melakukan aktivitas membaca, (c)sikap senang yang ditunjukkan siswa saat melakukan aktivitas membaca, (d)kesadaran siswa akan manfaat membaca, dan (e)peningkatan nilai hasil test minat membaca siswa dari siklus I hingga siklus III, dan (2)terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IX.PK melalui penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman, yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai membaca pemahaman siswa dari siklus I hingga siklus III.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 09:54 |
Last Modified: | 20 Jul 2011 09:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13486 |
Actions (login required)
View Item |