PENGARUH ORGANIZATIONAL-BASED SELF-ESTEEM TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR : KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta)

ARUM, RISKI MUKTI (2007) PENGARUH ORGANIZATIONAL-BASED SELF-ESTEEM TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR : KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab_I.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra pustaka)
Dapus.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.2)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab.3)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab.4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab.5)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Nilai-nilai yang diyakini individu terhadap dirinya sendiri sebagai bagian dari organisasi adalah hal yang sangat penting dan berharga bagi organisasi tempat bekerja. Karyawan dengan organizational based self-esteem yang tinggi tersebut memiliki dorongan kuat untuk mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi karena puas dengan sistem kerja yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komitmen organisasi sebagai variabel intervening dalam menjelaskan pengaruh organizational based self-esteem terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor independen yang terdiri dari manajer, partner, auditor senior, auditor yunior pada Kantor Akuntan Publik di daerah Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 orang auditor yang diambil dengan convenience sampling method. Hasil kuesioner kemudian diuji kualitasnya dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik meliputi, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan analisis jalur (path analysis) dengan program AMOS 4.1. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Organizational based self-esteem yang tinggi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien 0,726 dan CR= 9,246 signifikan pada taraf 5%. (2) Organizational based self-esteem yang tinggi berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi dengan nilai koefisien 0,620 dan CR= 4,973 signifikan pada taraf 5%. (3) Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien 0,276 dan CR= 3,509 signifikan pada taraf 5%. (4) Organizational based self-esteem melalui variabel komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 0,171 signifikan pada taraf 5%. Koefisien pengaruh tidak langsung melalui variabel intervening komitmen organisasi lebih kecil daripada koefisien pengaruh langsung antara organizationational-based self- esteem yaitu sebesar 0,726, sehingga variabel intervening komitmen organisasi dalam penelitian ini dapat diabaikan. Hal ini berati organizational-based self-esteem dapat berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi berperan sebagai partial mediating (mediasi tidak penuh) dalam pengaruh organizational-based self-esteem terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasi, organizational-based self-esteem, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Jul 2011 10:14
Last Modified: 15 Jul 2011 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item