PENGARUH EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN PENYEDIAAN BUKU TEKS PELAJARAN (BOS BUKU) TERHADAP UPAYA PENUNTASAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN BAGI SISWA MISKIN DI SDN I GIRIHARJO KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Wargiyanti, Wargiyanti (2008) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN PENYEDIAAN BUKU TEKS PELAJARAN (BOS BUKU) TERHADAP UPAYA PENUNTASAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN BAGI SISWA MISKIN DI SDN I GIRIHARJO KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BOS dan penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku) terhadap upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun bagi siswa miskin di SD Negeri I Giriharjo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 80 orang siswa yang tergolong miskin di SD Negeri I Giriharjo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 43 orang siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu Quota Purposive Proportional Stratified Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket, sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data efektivitas pemanfaatan dana BOS, penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku), dan upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = (.......). Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 31,103 setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 (2;43-2-1) pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,23 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 5,18. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 31,103 > 3,23 atau 31,103 > 5,18 pada taraf signifikansi 1%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari efektivitas pemanfaatan dana BOS dan penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku) terhadap upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun bagi siswa miskin di SD Negeri I Giriharjo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2006/2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pemanfaatan dana BOS berpengaruh terhadap upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun sebesar 32,4%, sedangkan penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku) memberikan pengaruh sebesar 28,5%. Dengan demikian masih ada faktor-faktor lain yang besarnya 39,1% yang secara efektif mempengaruhi upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari efektivitas pemanfaatan dana BOS dan penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku) terhadap upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin efektif pemanfaatan dana BOS dan semakin besar penyediaan buku teks pelajaran (BOS Buku), maka akan menyebabkan upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, dapat berjalan optimaldemikian pula sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), wajib belajar pendidikan 9 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 03:30
Last Modified: 01 Feb 2011 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item