KUSRINI , MARTINA DWI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGARANG DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI WIRONANGGAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (208kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “upaya meningkatkan ketrampilan mengarang dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketrampilan mengarang siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo dalam mengarang dengan model pemetaan pikiran (mind mapping). Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis kritis. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti dengan nilai rata-rata kelas pada pra tindakan 63,09, pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 71,47 dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi sebesar 89,47. Perolehan nilai tuntas pada sebelum tindakan sebanyak 52%, siklus I sebanyak 75,49%, dan pada siklus II semua siswa sdah mencapai KKM sebanyak 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemetaan pikiran (mind mapping) terbukti mampu meningkatkan ketrampilan mengarang pada siswa kelas IV MI GUPPI Wironanggan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemetaan pikiran (mind mapping). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2011 10:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2011 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13384 |
Actions (login required)
View Item |