NURHAYATI , FITRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_COVER_SKRIPSI.pdf Download (86kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan Question Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan Question Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata ulangan 64,08, siklus II 73,53 sedangakan siklus III adalah 87,20. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan hasil belajar melalui Question Student Have Strategy dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran, Question Student Have |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 08:52 |
Last Modified: | 05 Jul 2011 08:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13303 |
Actions (login required)
View Item |