PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

NURAINI , RIRIN (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Depan.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_Bab_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
4_bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
5_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
6_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
7_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_Daftar_Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan fotosintesis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan fotosintesis setelah diterapkan strategi mind map dari 18 % pada pra siklus, 29 % pada siklus I, 54 % pada siklus II, dan 94% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, strategi mind map.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2011 06:02
Last Modified: 05 Jul 2011 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item