Kurniawati , Rista (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_+_TAMBAHAN.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini berdasarkan pendekatannya adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemauan siswa untuk membaca materi yang diberikan mengalami peningkatan: sebelum tindakan sebesar 34,375%, pada putaran I sebesar 50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 71,875%, pada putaran III sebesar 100%. 2) keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat sebelum tindakan sebesar 9,375%, pada putaran I sebesar 18,75%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 34,375%, pada putaran III sebanyak sebesar 62,50%, 3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 28,125%, pada putaran I sebesar 37,50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 59,375%, pada putaran III sebesar 100%, 4) keikutsertaan siswa dalam kerjasama di kelompok meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 31,25%, pada putaran I sebesar 34,375%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 46,875%, pada putaran III sebesar 68,75%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | talking stick, keaktifan siswa, pembelajaran matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2011 10:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2011 10:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13276 |
Actions (login required)
View Item |