PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011

PAMUDIANTO, BAYU (2011) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 siswa. Sampel diambil sebanyak 140 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran guru mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,532 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,876 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 56,396 > 3,062 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran guru memberikan sumbangan efektif 18,8%. Variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,4%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,2%, sedangkan 54,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 08:07
Last Modified: 04 Jul 2011 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item