PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009

PURWANINGSIH , PURWANINGSIH (2011) PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan__Judul_Tesis.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra dengan metode pembelajaran sinektik di SMA Al Islam I Surakarta. Tujuan secara khusus (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta dengan strategi pembelajaran model sinektik berdasarkan kurikulum KTSP pada siswa kelas VII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta. (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta setelah diterapkannya strategi sinektik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dokumen, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta. Pelaksanaan berlangsung selama satu semester mulai bulan Juli 2008 sampai Desember 2008. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : (1) pelaksanaan proses belajar mengajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas XII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta dapat berjalan secara efektif dan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup setelah diterapkannya metode pembelajaran sinektik. Hal ini ditandai dengan motivasi dan keaktifan siswa yang semakin meningkat dalam proses belajar mengajar. (2) Kemampuan apresiasi sastra siswa meningkat, dengan diterapkannya pembelajaran sinektik, baik peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar maupun peningkatan nilai reratanya. Peningkatan jumlah ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 47,36%, siklus II 60,52%, dan siklus III sebesar 84,21%. Nilai reratanya pada akhir siklus III mencapai 73,00. Nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil pengamatan proses pembelajaran apresiasi sastra dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran sinektik ternyata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pula kemampuan siswa dalam mengapresiasi sastra. Siswa merasa lebih senang dan mudah dalam mengapresiasi sastra khususnya novel. Dengan demikian melalui penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa strategi pembelajaran dengan metode sinektik dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya novel di SMA Al Islam I Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 10:37
Last Modified: 28 Jun 2011 10:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item