WARDANI , IDA BAYU (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (60kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2011 09:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2011 09:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13166 |
Actions (login required)
View Item |