UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WARDANI , IDA BAYU (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2011 09:28
Last Modified: 28 Jun 2011 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item